Social Media Misuse

[ INA ]

Hallo rubbies! kalian tau gak sih kalo akhir-akhir ini sosial media itu udah jadi gaya di kehidupan banyak orang? Dan kira-kira kenapa ya bisa begitu?

Nah, hal itu dikarenakan, hampir semua orang sudah terhubung dan berkomunikasi menggunakan sosial media dalam berbagai platform loh. Bahkan, para pengguna sosial media bisa dengan sangat leluasa mendapatkan dan berbagi informasi ke seluruh dunia dalam waktu yang sangat singkat.

Tetapi, sangat disayangkan karna ternyata tidak sedikit terjadi penyalahgunaan di sosial media. Nah kenapa sih hal itu bisa terjadi? terus jenis² penyalahgunaan sosial media itu apa aja? Yuk scroll kebawah untuk informasi lebih lanjut yaa!!

 

Penyalahgunaan sosial media itu apasih?

Penyalahgunaan sosial media adalah suatu kesalahan dalam penggunaan sosial media, yg dimana hal tersebut engga seharusnya kita lakukan di sosial media. Misalnya: Menyebarkan informasi yang palsu, meluapkan amarah serta mencemarkan nama baik seseorang, dll. Nahh kalian tau gak sih kalo penyalahgunaan pada sosial media juga bisa berujung pada jerat hukum sebagai konsekuensi dari penyebaran informasi tanpa memperhatikan kaidah-kaidah etika loh!

 

Terus contohnya apa aja ya?

• Stalking

Stalking bisa terjadi ketika seseorang melakukan tindakan dengan ide untuk menyakiti lawan secara fisik atau mental. Misalnya adalah dengan menghubungi korban melalui pesan atau telfon, menerbitkan materi apa pun secara online yang terkait dengan korban. 

• Berbagi foto korban kecelakaan

Membagikan foto korban kecelakaan dengan kondisi yang sangat mengenaskan sebenarnya adalah hal yang tidak sopan loh!! Belum lagi, menyebarkan foto korban kecelakaan tanpa izin keluarganya sama saja dengan melanggar hukum privasi

• Pornografi anak

Mempercetak, memperjual-belikan, dan menyebarkan gambar dan video pornografi anak jelas melanggar tindak pidana mengenai Undang-Undang Nomor 44 Tahun 2008 Tentang Pornografi. Ancaman hukuman juga telah diatur dalam Pasal 29 terkait Pasal 4 ayat (1)

 

Terus kenapasih hal ini bisa terjadi?

• Kurangnya pengertian dan pengetahuan tentang pendidikan bersosial media.

• Minimnya pengetahuan mengenai dampak dan konsekuensi yang akan terjadi

• Menggunakan sosial media tanpa mempelajari aturan yang berlaku

 

Konsekuensi dan dampaknya apa ya bagi korban dan pelaku??

• Pencurian data pribadi yang berakhir kehilangan Privacy.

• Korban dari penyalahgunaan sosmed cenderung mengalami depresi, kecemasan dll

• Pelaku dari penyalahgunaan sosial media dapat terjerat hukum yang sudah ditetapkan dan mendapatkan sanksi sosial

 

Terus cara beretika yang baik dalam sosial media itu gimana dong?

• dalam melakukan komunikasi, disarankan menggunakan kata kata yang layak dan sopan.

• memeriksa kebenaran dalam berita / jangan menyebarkan informasi yang belum diketahui kebenarannya

• manfaatkan media sosial untuk hal-hal yang berbau positif

• menghindari Penyebaran SARA, Pornografi dan Aksi Kekerasan

 

Sources: – https://m.mediaindonesia.com/opini/338876/etika-bermedia-sosial

– https://www.digitalnuisance.com/social-media-misuse

– https://www.instagram.com/p/CNjCtdKMLBp/?utm_medium=copy_link 

– http://indonesiabaik.id/infografis/pornografi-jangan-unduh-simpan-diperjualbelikan