Banyak Pikiran Amat Sih, Overthinking?

Halo, Sobat Hidup yang selalu sabar walau diterpa banyak masalah hidupšŸ¤—

 

Kalian pasti pernah kalau lagi sendirian kadang suka tiba-tiba jadi kepikiran sesuatu. Mungkin kalau hal-hal baik atau memori menyenangkan sih tidak masalah. Tapi, kalau kepikirannya hal-hal buruk gimana tuh? Kayak “Gimana ya kalau abis lulus aku gabisa dapet kerja?”, “Gimana ya kalau temen-temenku ternyata gak suka temenan sama aku?” dan berbagai pertanyaan kekhawatiran lainnya. Hmm… bisa dibilang kamu sedang overthinking!

 

Emang apasih sebenarnya overthinking? Kira-kira apa aja tanda-tanda dan penyebabnya?

Overthinking merupakan suatu hal dimana kita merasa khawatir suatu hal dan biasanya, orang yang overthinking suka menghabiskan waktu untuk memikirkan suatu hal yang sebenarnya tidak perlu dikhawatirkan. Ini merupakan salah satu tanda dari overthinking.

 

Penyebab mengapa banyaknya orang yang overthinking pada umumnya karena terlalu berlebihan saat memikirkan suatu hal. Apalagi, kalau itu menyangkut jalan kehidupan seseorang. Overthinking bisa ke tingkat berikutnya yaitu, catastrophizing dimana seseorang merasa sudah tidak bisa mengontrol kekhawatiran yang mereka pikirkan. 

 

Untuk mengatasi overthinking, memang tidak mudah. Karena, tergantung dari tekad, niat dan pastinya situasi yang mendukung. Tapi, tidak salah untuk mencoba beberapa cara berikut ini. Antara lain, sebisa mungkin untuk selalu berpikir positif walau kita tahu pasti berat banget dan terlebih jika kita sudah merasa pesimis dan sudah tidak ada harapan. Tapi, dengan berpikir positif paling tidak mengurangi nyeri pada kepala dan dada. Karena, itu merupakan efek dari overthinking, lho! Melakukan aktivitas yang kalian sukai yang bisa bikin kamu jadi lupa overthinking lagi, deh! Atau kalau udah buntu banget bisa juga konsultasi dengan ahlinya. Seperti, Psikolog.

 

Salah satunya bisa juga dengan menggunakan CurCol hidupmedia. Ga pake nunggu lama, cuma Rp15.000 aja! Yuk ceritakan tentang masalah overthinkingmu segera dengan klik link berikut ini untuk daftar https://calendly.com/hidupmediaid/curcol. Dijamin no long waiting, no more overthinking!